Do More Adventure !

#7 of 7 | prev product Prev - Next next product
printer email

product arrow Menu Sehat untuk Mendaki Gunung


Tak peduli ke mana akan melakukan pendakian gunung, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih makanan yang dibawa.

1.Kebutuhan energi bisa meningkat hingga 50%dari kondisi normal ketika melakukan pendakian gunung. Jadi, pertimbangkan makanan yang kandungan energinya tinggi.
Jika berat atau volume makanan itu kemudian jadi persoalan, coba manfaatkan makanan dengan kepadatan energi yang tinggi seperti cokelat, kacang-kacangan, biskuit, dan lain-lain.

2.Jika memasak dan hanya punya sedikit waktu serta memiliki bahan bakar, kemampuan, maupun peralatan dapur yang terbatas, maka perlu membawa bahan makanan yang mudah diolah.

3.Penting untuk selalu membawa makanan sendiri. Jika memungkinkan, pilih tipe dryfood, yang akan meringankan beban.

4.Jangan lupa untuk memilih makanan-makanan yang mudah dikemas dan memiliki masa kadaluarsa yang lama. Simpan makanan dalam kemasan yang rapi, kokoh, namun ringkas. Jika perlu, bagi berdasarkan peruntukkan atau waktu penggunaan.

5.Pilih makanan yang sesuai dengan selera. Pilih juga makanan yang bervariasi hingga tidak mengalami kebosanan saat melakukan pendakian.

6.Ingat, jangan lebih besar pasak dari tiang. Sesuaikan juga makanan yang akan digunakan dengan anggaran.

7.Pasokan nutrisi yang seimbang akan mempertahankan performa di lapangan, baik secara fisik maupun mental. Dalam perjalanan panjang, pertimbangkan untuk menggunakan multivitamin dan suplemen mineral.

Contoh rekomendasi makanan-makanan yang cocok dibawa ketika melakukan hiking.
-Selai kacang atau kacang-kacangan.
-Keju, terutama keju asli seperti edam cheese.
-Protein bar atau snack bar tinggi lemak dan tidak terlalu tinggi gula (snickers bar, dark chocolate).
-Cracker, rice cake, biskuit.
-Dried fruit (buah kering) seperti kismis, kurma, aprikot, kiwi, dan lain-lain.
-Makanan kaleng yang gampang dibuka tanpa menggunakan alat, seperti tuna kalengan.
-Madu
-Minuman jahe bubuk instan

Selamat mendaki :)

Search
Search:
Login
Testimonial
Fatoni Astri M
Alhamdulillah.. Ini baru namanya trip ceria :)), meski medan Lantimojong begitu berat tp terasa ringan berkat guide & porter yang bener2 keren... Terima kasih DAL, Terima Kasih bang ahsan, kipli, bang... detail

Lovie Gustian
Baru Kali Ini Ikut Trip Full Service, Guide Juga Mantap & Berpengalaman, Porter yang Syariah, Pokoknya Memuaskan (Terima Kasih Dal, Terima Kasih Ahsan, Kipli, Syakban, Harun), Salam Budaya & Salam Les... detail

erika widyasari
waduh dah lama pingin tulis testimoni , baru sempet nih , gara2 pingin pergi lagi bareng Daladventure... gw kemarin bareng Dal ke gunung Semeru tgl 23 mei 2014 , kesan2 nya : 1. Tim Dalnya ramah bai... detail

Amel
Pengalaman pertama jalan bareng tim DalAdventure ke Puncak Tambora Sumbawa dan pulau Satonda bnr2 tdk terlupakan. Daerah timur indonesia emang wajib jadi destinasi wisata. Terlalu byk spot2 yg indah. ... detail

» isi testimonial
» lihat testimonial
Information